Pengertian, Sejarah dan Fungsi World Wide Web (WWW)

Posted on

Pengertian, Sejarah dan Fungsi World Wide Web Bagi Anda para pengguna internet pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah atau rangkainan huruf dari “www”. Rangkaian huruf itu adalah sebuah rangkaian huruf yang sering dan selalu digunakan pada setiap bagian depan dari sebuah alamat domain atau halaman website. Hampir semua orang yang pernah menggunakan internet pasti sudah pernah menggunakan rangkaian huruf www dalam jaringan internet tetapi kebanyakan orang yang sudah menggunakan internet tidak mengetahui apa itu rangkaian huruf www beserta kegunaan dan juga asal usulnya.

Kebanyakan orang hanya menggunakannya saja tanpa peduli mengenai pengertian, asal usul atau sejarahnya bahkan fungsinya. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui informasi lengkap mengenai rangkaian huruf www, berikut kami akan membagikan sedikit informasi mengenai pengertian, sejarah beserta fungsinya dari rangkaian huruf www yang sering digunakan di alamat website maupun blog.


Pengertian, Sejarah dan Fungsi World Wide Web

World Wide Web (WWW)

Pengertian WWW (World Wide Web)

WWW merupakan singkatan dari kata World Wide Web. Jika diartikan kata demi kata maka World artinya dunia, Wide berarti raksasa atau berukuran besar, dan Web merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mengirim dokumen maupun data ke suatu jaringan internet. Dari arti penggabungan kata tersebut maka WWW dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang digunakan untuk menyebarkan atau mengirimkan data ke jaringan internet dengan skala yang besar yang berada diseluruh penjuru dunia.

Jadi bisa disimpulkan bahwa WWW merupakan sebuah program yang sengaja dibuat sebagain media yang bertujuan untuk mengarsipkan berbagai jenis dokumen maupun data yang terdapat di jaringan internet. Dengan menggunakan program ini, maka semua dokumen yang ada di jaringan internet akan tersusun lebih rapi sehingga akan dengan mudah ditemukan oleh para pengguna jaringan internet.


Sejarah WWW (World Wide Web)

WWW pertama kali ditemukan oleh Tim Barners-Lee pada tahun 1991. Pada mulanya Lee merancang WWW untuk menyederhanakan kompilasi arsipnya. Kemudian Lee memberi nama program ini sebagai “Equire”. Seiring berjalannya waktu, program jenis ini berkembang dengan pesat dan telah digunakan sebagai program untuk persiapan arsip dokumen Internet di seluruh dunia.

Ketika dipresentasikan ke publik untuk pertama kalinya pada tahun 1995, WWW benar-benar menjadi perhatian publik di dunia internet. Program ini digunakan untuk mengganti FTP, yang telah lama digunakan sebagai traffic control jaringan internet. Program WWW, yang dibangun oleh Lee, benar-benar sesuatu yang baru yang tidak pernah dipikirkan kebanyakan orang pada saat itu.

Pada tahun 1995 WWW diperkenalkan untuk pertama kalinya, dan WWW benar-benar menjadi perhatian publik di dunia internet. Kemudian program ini digunakan untuk mengganti FTP, yang telah lama digunakan sebagai traffic control jaringan internet. Program penemuan Lee benar-benar menyajikan sesuatu yang benar-benar baru yang tidak pernah dipikirkan orang.


Fungsi WWW (World Wide Web)

WWW (World Wide Web) memiliki fungsi sebagai program yang bertugas sebagai penyedia, pengendali dan penampil dokumen atau data dan informasi apapun di jaringan internet. Kehadiran World Wide Web membuat keseluruhan proses transmisi data di jaringan internet bisa berjalan lebih cepat dan lebih teratur dari sebelumnya. Selain itu juga menawarkan berbagai macam kecanggihan dan juga kemudahan dalam pemakaian intenet serta bisa mendapatkan dan menampilan berbagai jenis informasi dimana saja dengan internet secara mudah dan juga cepat.

Demikian beberapa penjabaran mengenai Pengertian, Sejarah, Fungsi World Wide Web (WWW) yang bisa kami sampaikan melalui artikel ini. Semoga informasi ini dapat menambah lebih banyak lagi wawasan serta pengetahuan Anda tentang dunia komputer khususnya internet. Terimakasih telah berkunjung, baca juga artikel lainnya.

Artikel lainnya :